Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Melestarikan Seni Tradisional, Seni Ketangkasan Domba Garut Menumbuhkan Usaha Peternakan Domba dan UMKM di Masyarakat Luas





    PILARGLOBALNEWS,--  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia Kabupaten sumedang (HPDKI) bekerjasama dengan beberapa padepokan ketangkasan domba diantaranya PDP PUTRA TANJUNG dan PDP BUHUN mengadakan kegiatan Latber Seni Ketangkasan Domba Garut yang di gelar di Pamidangan Rancabuana, Rancakalong Kab.sumedang pada minggu 6 Oktober 2024 berlangsung meriah.
    Adapun Pagelaran seni ketangkasan adu Domba yang digelar Komunitas  Putra Tanjung dan berkolaborasi diantaranya Ade Irman Nugraha atau kerap disapa Ade codet dan Komar karep disapa AA Cocom, serta dari PDP BUHUN yang di gawangi oleh Kang Jajang atau kerap disapa Apoy.


    “Alhamdulillah, saya sangat bangga dan terharu. Dengan inisiasi dari HPDKI kabupaten Sumedang dan PDP PUTRA TANJUNG, akhirnya kita bisa mengadakan kembali lomba seni ketangkasan domba Garut di sini,” ujar Kepala Desa nagarawangi Sukarya.

    Kegiatan Pagelaran seni ketangkasan adu Domba ini merupakan aspirasi masyarakat terutama para Peternak Domba yang ingin melestarikan Seni Budaya Sunda serta ,bisa menambah penghasilan untuk masyarakat bagi yang hobinya ternak domba adu.” ujar kang Jajang Apoy

    Selain menambah ekonomi rakyat khususnya peternak domba adu serta memulihkan usaha peternakan atau UMKM di masyarakat Luas, tambahnya.




    Ditempat yang sama, Ade Irman N yang merupakan salah satu Punggawa PDP PUTRA TANJUNG menyampaikan kegiatan ini perlu kita dukung dan lestarikan karena banyak sisi positifnya, ucapnya.

    “Selain melestarikan budaya sunda yang dirindukan masyarakat pencinta seni ketangkasan adu Domba ini terbukti dengan lautan manusia dari pagi hingga sore hari terus berdatangan menyaksikannya kegiatan ini ” ujarnya.

    Saat ini kami berinisiatif untuk menggelar even yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan lebih jauhnya bisa menumbuhkan kembali kecintaan pada seni dan budaya yang hampir punah, ucapnya.

    "Adu ketangkasan domba merupakan ikon budaya yang harus kita pertahankan dan lestarikan yang masih banyak disukai oleh masyarakat jawa barat, dan Insyaalloh kedepannya kami akan bekerja sama dengan kang Apoy dan pihak pecinta seni ketangkasan adu Domba  untuk menggelar kontes yang notabene  mencakup seluruh wilayah jabar, pungkas Ade Irman alias Ade Codet".**

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728