Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Manfaat Minyak Zaitun


    PILARGLOBALNEWS,-- Minyak zaitun terkenal lebih sehat dari minyak goreng biasa. Hal ini karena kandungan nutrisinya, yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Mulai dari mengurangi peradangan dalam tubuh, menyehatkan jantung, dan mencegah berbagai penyakit.

    Seperti namanya, minyak ini terbuat dari ekstraksi buah zaitun, yang memiliki kandungan omega-6 dan asam lemak omega-3.

    Namun, asam lemak yang paling banyak terkandung dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang sangat baik bagi tubuh.    Dalam sekitar 100 gram minyak zaitun, terkandung beberapa nutrisi, sebagai berikut:

    Kalori: 119
    Lemak: 14 gram.
    Natrium: 0,3 miligram.
    Vitamin E: 1,9 miligram.
    Vitamin K: 8.1 mikrogram.
    Daripada minyak kelapa sawit, kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun cenderung lebih tinggi, sehingga minyak zaitun lebih baik bagi tubuh.      Minyak zaitun adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun, buah dari pohon zaitun.

    Sekitar 14 persen dari kandungan minyaknya adalah lemak jenuh, sedangkan 11 persennya adalah lemak tidak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3.

    Namun, asam lemak yang dominan dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang bernama asam oleat.

    Asam lemak ini merupakan 73 persen dari total kandungan minyak.

    Asam oleat terkenal dapat mengurangi peradangan, dan bahkan mungkin memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.       Selain itu, lemak tak jenuh tunggal juga cukup tahan terhadap panas tinggi, membuat minyak zaitun extra virgin menjadi pilihan yang sehat untuk memasak.      Minyak zaitun extra virgin sangat baik bagi kesehatan karena banyak alasan.

    Terlepas dari asam lemaknya yang bermanfaat, ini juga mengandung vitamin E dan K dalam jumlah sedang.

    Selain itu, minyak ini juga sarat akan antioksidan kuat.

    Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Ini dapat melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi. 

    Bukan hanya minyak zaitun, kamu bisa dapatkan antioksidan dari bumbu dapur.     Peradangan kronis adalah salah satu pemicu utama penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, radang sendi, dan obesitas.

    Nah, minyak ini dapat mengurangi peradangan, yang mungkin menjadi salah satu alasan utama manfaat kesehatannya.

    Melansir dari Current Pharmaticeutical Design, minyak ini memiliki sifat antiinflamasi. Hal tersebut ada karena antioksidan yang ada dalam minyak ini.  

    Selain karena sifat antioksidannya, kandungan asam lemak oleocanthal juga mendukung manfaat antiinflamasi dari minyak zaitun.

    Asam lemak ini dapat mengurangi kadar penanda peradangan penting seperti protein C-reaktif (CRP).

    Oleocanthal juga berfungsi serupa dengan obat ibuprofen yang banyak untuk penggunaan anti-peradangan. (Bersambung )red dikutiphalodoc

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728