Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    HUT Ke-78 Perhubungan Angkatan Darat


    PILARGLOBALNEWS,--Dalam rangka memperingati HUT ke-78, Perhubungan Angkatan Darat (HUBAD) telah menginisiasi penyelenggaraan Seminar Nasional yang mengangkat tema “Strategi dan Kebijakan dalam Mewujudkan Ketahanan Siber”.
    Dalam keterangan tertulis Penerangan Pushubad, kegiatan akademis ini berlangsung di Gedung Dharma Caraka Pusdikhub Pushubad, Cimahi, pada hari Kamis, (9/11/2023) dibuka oleh Komandan Kodiklatad Letjen TNI Arif Rahman, M.A.

    Kegiatan seminar yang diinisiasi oleh Danpusdikhub Pushubad Kolonel Chb Antonius, PDA, S.Ip mengundang nara sumber terkemuka yaitu Dr. Bambang Soesatyo, S.H., M.B.A., (Ketua MPR RI), Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian (Kepala BSSN) diwakili Oleh Mayjen (TNI) Dominggus Pakel, S.Sos,M.M.,S.I., Mayjen TNI Nurchayo Utomo, M.Pm. (Kapushubad), Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie (Danpussansiad), Dr. Ilham Habiebie (Ketua Wantiknas), Dr. Bisyron Wahyudi (Pakar Cyber Security), Ardi Sutedja (Chairman ICSF), dan Kombes Pol M. Nuh Al-Azhar (Pakar Digital Forensik Polri) serta dimoderatori Tysa Noveni.


    Fokus seminar ini adalah untuk memfasilitasi pembangunan kapasitas intelektual yang komprehensif seputar ketahanan siber, meliputi regulasi, teknologi terkini, dan pengembangan sumber daya manusia di sektor tersebut. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta sebuah titik tolak bagi peningkatan kapabilitas dan koordinasi strategis di antara para pemangku kepentingan utama, yang mencakup entitas pemerintah, militer dan kepolisian, akademisi, masyarakat sipil, serta sektor swasta dan korporasi, dalam upaya bersama memperkokoh ketahanan siber nasional.                 Sebagai respons proaktif terhadap tren ancaman siber yang semakin kompleks dan adanya potensi serangan yang terkoordinasi terhadap infrastruktur vital, seminar ini menyajikan suatu langkah strategis dari Perhubungan TNI AD. Pertemuan akademik ini dimaksudkan sebagai suatu wadah kolaboratif yang ditujukan untuk merumuskan dan mendorong pendekatan-pendekatan multidisipliner, yang berlandaskan pada penguatan kerangka ketahanan siber nasional.

    Diskusi-diskusi yang tercurah dalam forum ini diharapkan dapat mendorong evolusi Pembangunan ketahanan siber yang adaptif, yang mampu mengantisipasi dan menanggulangi perubahan dan tantangan yang muncul dalam ranah transformasi digital.

    Dengan adanya seminar ini, Perhubungan TNI AD menunjukkan dedikasi yang kuat untuk mendukung koordinasi yang lebih strategis antar institusi dan meningkatkan kesadaran kolektif mengenai pentingnya ketahanan siber yang integral terhadap kedaulatan dan integritas data nasional. (Redispenad)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728