Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat di TMMD Reguler ke 117 Kodim 0609/Cimahi


    PILARGLOBALNEWS,-- Sindang Kerta, Kab Bandung Barat,- Bermula dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) turut serta aktif membantu pembangunan. Tepatnya pada tahun 1980, dikenal dengan kegiatan ABRI Masuk Desa (AMD).

    Baru pada era reformasi, namanya berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini sedang dilaksanakan.

    Program TMMD membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat daerah terpencil, pelosok maupun tertinggal,

    Dan program TMMD merupakan komitmen TNI untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mempunyai misi yang mulia.

    TMMD selalu mempertahankan semangat kekeluargaan dan budaya gotong royong yang menjadi rohnya NKRI.

    Begitu juga dengan pelaksanaan TMMD Reguler ke 117 Kodim 0609/Cimahi tahun 2023 yang dilaksanakan di Desa Sindang Kerta Kecamatan Sindang Kerta Kabupaten Bandung Barat, memprioritaskan pembangunan jalan sepanjang 2700 meter  penghubung antara tiga kecamatan (Sindang Kerta, Cipongkor dan Cililin) dan rehab rumah kurang layak huni (rukulahu) di wilayah Kabupaten Bandung Barat di sambut hangat dan antusias oleh warga masyarakat Desa Sindang Kerta Kabupaten Bandung Barat.


    TMMD Reguler ke 117 Kodim 0609/Cimahi yang bertemakan "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat" , pelaksanaan TMMD ke 117 TA 2023 di wilayah Kodim 0609/Cimahi bersama Pemda Kabupaten Bandung Barat, TNI-Polri dan Masyarakat, TMMD dimulai pada tanggal 12 Juli sampai dengan 10 Agustus 2023. 

    TMMD Reguler Kodim 0609/Cimahi di Desa Sindang Kerta membuka akses jalan yang menghubungi 3 Kecamatan (Sindang Kerta, Cipongkor, dan Cililin), akses jalan di mulai dari Titik 0 meter  di wilayah RT.02/RW.08, dan Titik Akhir di wilayah RT.04/RW.02. melintasi di 5 RW (8, 11, 5, 6, dan 2). sepanjang 2700 M, lebar 2 meter dengan Volume 5500 meter dan di dalam nya ada Tbik Penahan Tanah (TPT) dengan Volume 150 meter, berikut ada gotong gorong.

    Selain pembangunan jalan, dilaksanakan rehab rukulahu (rumah kurang layak huni) sebanyak tiga rumah, atas nama Bapak Samsudin, Ibu Tuti istri dari Bapak Sutisna, dan  Ibu Uwan. Lokasi rumah kurang layak huni (rukulahu) terletak di RW.5 dan RW.11 kampung Bojong mareme serta melaksanakan Rehab Mesjid Jami Al Istiqomah terletak di lokasi di RT.5.

    Sasaran TMMD Reguler ke 117 Kodim 0609/Cimahi , mempunyai dua sasaran diantaranya sasaran fisik dan non fisik, saran fisiknya di fokuskan permasalahan pekerjaan jalan sepanjang 2700 meter dan lebar 2 meter, serta pekerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan volume 150 meter berikut ada gorong gorong juga rehab rumah kurang layak huni (rukulahu) sebanyak 3 unit dan rehab mesjid Jami Al Istiqomah.

    Sasaran Non Fisik diantaranya Pelayanan KB Kes, Pelayanan KK, Perkaman E-KTP, Akte Kelahiran dan Buat KIa, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan SIM, Penyuluhan Keselamatan Lalu Lintas, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkotika, dan lain lain.

    Pelaksanaan TMMD Reguler ke 117 Kodim 0609/Cimahi melibatkan beberapa personil, diantaranya Dansatgas dan Staf sebanyak 15 orangi serta Tim Asistensi/Penyuluh, Keslap dan Teknis sebanyak 25 orang dan personil SSI TMMD sebanyak 110 orang.

    Dari mulai Pra TMMD hingga hari ke 4 setelah pembukaan TMMD ini, warga masyarakat Desa Sindang Kerta Kecamatan Sindang Kerta Kabupaten Bandung Barat sangat senang, ceria dan sangat antusias berbaur dengan anggota Satgas TMMD membantu bekerjasama dan bergotong royong ikut serta mengerjakan pekerjaan fisik jalan dan rehab Mesjid Jami Al Istiqomah.

    Ibu ibu warga masyarakat yang ada di sekitar lokasi TMMD tidak ketinggalan berbondong bondong membantu menyajikan minuman dan makanan untuk anggota Satgas TMMD. Terlihat senyum sumringah dan bahagia dari ibu ibu yang menyajikan minuman dan makanan bagi anggota Satgas TMMD.

    Giat TMMD Reguler ke 117 Kodim 0609/Cimahi ini sudah jelas terlihat Kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai tema " Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat" , 
    (Deozy)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728