Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Memformat Kembali Arah Pembangunan di Jabar


    PILARGLOBALNEWS,-- Koordinator Forum Ormas Jabar Hendra Mulyana SH, melaksanakan Kegiatan FGD ( Focus Group Discusion ) ,  yang  dilaksanakan pada hari Senin , 16 Januari 2023 di Jalan Sumedang No. 4 















     Bandung memiliki banyak bangunan bersejarah yang bukan hanya dimiliki dan dikelola oleh Pemkot Bandung, akan tetapi juga memiliki beberapa bangunan bersejarah dunia. 
     
    Dalam proses renovasi bangunan – bangunan bersejarah ini perlu mendapatkan perhatian khusus, sebagai kebanggaan Bangsa. Artinya Pemerintah setempat harus memperhatikan berbagai unsur keamanan terhadap bangunan tersebut sebelum melakukan pembangunan,  renovasi dan perubahan-perubahan lainnya agar bangunan tersebut bisa dinyatakan aman baik dari sisi ancaman bencana alam maupun kebakaran.

    Selain hal dimaksud diatas, Kota Bandung juga mempunyai potensi bencana yang diakibatkan dari ledakan deposit gas metana yang tersimpan disaluran-saluran limbah bawah tanah kota bandung sejak jaman belanda (1933).

    Dalam diskusi yang berlangsung, terungkap bahwa sinergi Pentahelix belum dapat berjalan dengan baik. Sinergi , kolaborasi dan partisipasi masyarakat yang positif agar dapat dibuka seluas-luasnya oleh Pemerintah Daerah.

    Menambahkan paparan dari ketiga pemateri, tim RGB yang lainnya seperti dr.Wiliam dan Ebet Nugraha, mengingatkan adanya beberapa potensi ledakan yang diakibatkan penataan fasilitas yang tidak tepat seperti Laboratorium Nuklir berdekatan dengan SPBU dan sejenisnya. 

    Dan ancaman itu terdapat di Kota Bandung,  Begitupun pentingnya melakukan penguatan kapasitas masyarakat agar mereka bisa melakukan penyelamatan diri secara mandiri.

    Selama diskusi berlangsung, ada beberapa masukan dan pertanyaan peserta yang bisa disimpulkan sebagai berikut :

    Peserta mengusulkan bahwa kegiatan diskusi ini harus dilakukan secara terus menerus, termasuk upaya mengingatkan pihak pemerintah terkait ancaman-ancaman bencana yang mungkin terjadi dengan cara memviralkan konten-konten ancaman melalui media sosial.

    Pihak Forum Ormas Jabar  berencana akan melakukan audiensi kepada DPRD Jawa Barat terkait isu-isu ancaman bencana di Jawa Barat yang harus mendapatkan perhatian semua pihak.

    Media harus menjadi corong terbaik dalam melakukan advokasi dan kampanye penyadaran semua pihak tentang pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana.

    Kegiatan berjalan lancar dan kondusif.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728