Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Dandim 0618/Kota Bandung Dampingi Pangdam III/Slw Dalam Peresmian Mesjid Raya Al Jabbar Oleh Gubernur Jabar


    PILARGLOBALNEWS,--Bertempat di Masjid Raya Al-Jabar Jl. Cinincrang No.14, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung dilaksanakan peresmian Masjid Raya Al-Jabbar Oleh Gubernur Jabar. DR.H.M.Ridwan Kamil yang dihadiri lk 15.000 orang dengan penanggung Jawab Bapak Bambang (Kadis Binamarga & Tata Ruang Prov. Jabar), Jum'at (30/12/2022).
    Maksud dan tujuan Peresmian Masjid Raya Al-Jabbar adalah merupakan rumah ibadah yang juga dikenal sebagai Masjid Terapung Gedebage, Diinisiasikan oleh Pemerintah Jawa Barat untuk menjadi sebuah Pusat Kesekretariatan Ormas Islami dan juga menjadi Museum Al-Qur’an.


    Dalam kegiatan peresmian Mesjid Raya Al Jabbar ini, dihadiri Menteri Perdagangan RI, Gubernur Jawa Barat, Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar, Wakil Gubernur Jabar, Kajati Jabar, diwakilkan Asintel Kajati, Ketua Eksekutif Harian Masjid Raya Aljabar (Sekda Jabar), Ketua MUI Jabar, Anggota DPRRI (Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai PKS), Anggota DPD RI, Anggota DPRD Jabar, Kasgartab II. Bandung - Cimahi, Dandim 0618/ Kota Bandung, Para Asisten Kasdam III/ Slw, Para Staf Ahli Gubernur Jabar, Para Asisten Gubernur Jabar, Inspektur Daerah Prov. Jabar, Sekretaris DPRD Prov. Jabar, Para Kadis Prov. Jabar, Para Bupati/ Walikota se-Jabar,  Para Arsitek Bangunan Masjid Raya Al-Jabar,  Projects Manager PT. Adhi Karya KSO HK (Bpk Galih Wijaksono), Toga dan Tomas masyarakat Jawa Barat, Ormas Islam se Jawa Barat, Para Camat Se Jabar, Para Kades se-Jabar dan Forum Pesantren se-Jabar 


    Dalam sambutan nya Ketua Harian Masjid Al Jabbar juga menjabat sebagai Sekda Provinsi Jabar, mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat Jawa Barat serta memaparkan tentang fasilitas yang ada di Masjid Raya  Al Jabbar.

    Ketua MUI Jabar dalam sambutannya, mengatakan Peresmian Masjid Raya Al Jabbar merupakan suatu kebahagiaan.serts berterima kasih kepada Pemerintah yang telah mendukung kegiatan ini.

    Dengan adanya Mesjid Raya Al Jabbar ini kita dapat melihat Kebudayaan Islam, Semua akan terwakili dalam kepengurusan Mesjid Al Jabbar, pungkas Ketua MUI Jabar.


    Gubernur Jabar dalam sambutannya mengatakan Terima Kasih kepada semua Elemen Pimpinan Forkopimda dan masyarakat yang turut membantu berdirinya Mesjid Aljabbar dan mari kita syukuri peradaban Islam yang ada di Jawa barat, ucap Emil.

    Berdirinya Mesjid Al Jabbar dimulai sejak Gubernur Jabar era Bapak Ahmad Heryawan terinspirasi untuk membangun Mesjid Raya, sebuah Mesjid Terapung yang ada di wilayah Kota Bandung khususnya dan wilayah Jawa Barat, dengan.menceritakan tentang berdirinya riwayat dari Mesjid Al Jabbar.


    Orang datang ke Mesjid Al Jabbar niatnya untuk sholat dan mencari ilmu.Ini semua proses atas kehendak Allah.

    Maka dari itu saya titip Mesjid Raya Al Jabbar ini kepada Ulama untuk dirawat dan dijaga keberadaan Mesjid ini dengan baik.

    Atas nama Pemerintah Jabar, terima kasih kepada kontraktor, Aparat keamanan TNI/ Polri dan warga sekitar yang telah turut mendukung pembangunan tempat ini, pungkas Kang Emil sapaan Gubernur Jawa Barat.

    Terakhir sambutan dari Menteri Perdagangan RI pada intinya mengucapkan Selamat atas berdirinya Mesjid Al Jabbar kepada masyarakat Jawa Barat, serta semoga diberikan keberkahan dan kesuksesan kepada Gubernur Jawa Barat beserta istri, ucap Menteri Perdagangan RI.

    Rangkaian kegiatan Peresmian Mesjid Raya Al Jabbar, dimulai dengan pembukaan dilanjutkan Penanaman Pohon di Area sebelah Gate VIP dan ditempat lain sekitar Mesjid Raya Al Jabbar, dilanjutkan Pelepasan benih ikan jenis Nilem, Bereum Panon dan Lalawak sebanyak 21.999 serta Pelepasan Burung oleh Gubernur Jawa Barat serta Pengkondisian Apresiasi Sponsor dan Pemberian Sembako.

    Acara puncaknya adalah Peresmian Masjid Al Jabbar di Gate VIP A di Area Tengah Plaza oleh Gubernur Jawa Barat dilanjutkan peninjauan lokasi dalam Masjid oleh rombongan Muspida Jabar, dalam peresmian Mesjid Al Jabbar diiringi Penampilan Rebana di Area Tangga Plaza - Pintu Masuk Masjid Kasidah Kujang Sari 

    Selanjutnya Laporan Panitia Penyelenggara di Area Dalam Masjid oleh Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl. SE. M.Eng- (Sekda Jabar) dan juga sebagai Ketua Harian Mesjid Al Jabbar, diiringi Lantunan Asmaul Husna dari Paduan Suara Mahasiswa Unpad 

    Dilanjutkan Penayangan Video Pembangunan Mesjid Area Dalam Masjid serta Penayangan Video Ucapan dari Wakil Presiden RI selanjutnya penampilan Teatrical Pembacaan Puisi 

    Pelaksanaan Peresmian Mesjid Al - Jabbar dengan pemukulan Bedug 9 Buah. Serta penampilan Bimbo di Area Dalam Mesjid Al Jabbar, terakhir Tabligh Akbar dengan penceramah DR.Cecep Taufiqurrahman, MA.

    Persiapan Sholat Jumat dan makan siang, dalam kegiatan Sholat Jumat perta kali di Mesjid Al Jabbar sebagi Khotib : Prof.Adang Hambali, Imam : Mustofa Jamaluddin, Muadzin : Muzzamil Hasballah.

    Dalam kegiatan peresmian Mesjid Raya Al Jabbar diakhiri dengan melaksanakan Sholat Jumat berjamaah dan melaksanakan kegiatan ke masyarakat dan berjalan dengan aman.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728