Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Rasio Swasembada Padi Capai 90 Persen, Indonesia Dapat Penghargaan


    PILARGLOBALNEWS,-- Izinkan saya mengucapkan selamat kepada Indonesia, atas keberhasilannya yang luar biasa besar dalam mencapai swasembada beras, dan meningkatkan level ketahanan pangan. Hal tersebut dikatakan Direktur Jenderal IRRI Jean Balie dalam sambutannya yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

    Dikatakannya, Berdasarkan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Indonesia mencapai 90% lebih rasio swasembada atau rasio antara produksi dalam negeri dengan total permintaan. Ini adalah pencapaian yang sangat besar.


    Ini juga menunjukan ketahanan sistem pertanian pangan yang tinggi, tidak hanya pada beras tapi juga di seluruh sektor. "Tingkat swasembada yang tinggi memang merupakan langkah maju yang besar. Terutama di saat meningkatnya ketegangan geopolitik," paparnya. 

    Balie mengatakan penghargaan ini juga merupakan kado bagi Indonesia yang pada bulan ini memperingati Hari Kemerdekaan ke-77.

    "Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia dan terima kasih,"  kata Jean Balie mengahiri. 


    Sementara itu Presiden Indonesia Jokowi Dodo dalam sambutannya mengatakan. "Pada hari ini diberikan kepada kita sebuah sertifikat bahwa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan," kata Jokowi.

    "Terima kasih. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, utamanya kepada pelaku pekerja di sawah, para petani Indonesia atas kerja kerasnya," kata Jokowi

    Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, bahwa keberhasilan ini tidak luput dari pembangunan infrastruktur yang digalakkan pemerintah. Hingga saat ini sudah ada 29 bendungan besar yang dibangun dalam rangka menyediakan jaringan irigasi untuk meningkatkan produksi beras di Indonesia.(red/googlecnbc)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728