Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Manfaat Talas Bagi Tubuh


    PILARGLOBALNEWS,-- Talas menjadi salah satu umbi-umbian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Beberapa makanan lokal bahkan menggunakan talas sebagai bahan utamanya. Meski cukup sering dikonsumsi, tidak banyak orang yang tahu manfaat talas. Umbi-umbian ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaat talas bagi kesehatan? 

    1.  Membantu   menurunkan   berat     badan
    Manfaat talas untuk diet berasal dari kandungan serat yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dan lemak tubuh yang lebih sedikit. 
    Serat dapat memperlambat pengosongan perut sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan sepanjang hari. Oleh sebab itu, hal ini juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

    2. Meningkatkan kesehatan usus.
    Manfaat talas rebus selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan kesehatan usus. Serat yang terkandung dalam talas dapat menjadi makanan bagi mikroba di usus dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.
    Selanjutnya, bakteri usus pun akan memfermentasi serat-serat ini dan menciptakan asam lemak rantai pendek, yang dapat menyehatkan sel-sel pelapis usus, serta membuatnya tetap sehat dan kuat. Selain itu, serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah kembung, sembelit, dan kelebihan gas.

    3. Menjaga kesehatan mata
    Talas mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan dengan menangkal radikal bebas yang menyerang mata sehingga bisa mencegah degenerasi makula atau katarak. 

    4. Meningkatkan kesehatan kulit
    Manfaat talas lainnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat ini berasal dari vitamin E dan A yang terkandung di dalamnya. Kedua vitamin esensial tersebut juga bisa memperbaiki sel kulit, membuat luka lebih cepat sembuh, dan mencerahkan kulit yang sehat.


    5. Membantu mengontrol gula darah
    Talas mengandung dua karbohidrat yang bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah, yaitu serat dan pati resisten.
    dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain sehingga mencegah gula darah melonjak setelah makan. 
    Di samping itu, pati resisten yang terkandung dalam talas juga tidak dapat dicerna sehingga tak akan meningkatkan kadar gula darah. Kedua kandungan tersebut menjadi manfaat talas bagi diabetes karena menyediakan pilihan karbohidrat yang baik.

    6. Mengurangi risiko penyakit jantung
    Ini merupakan manfaat talas untuk kesehatan yang tak kalah penting. Serat dan pati resisten dalam talas diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu, pati resisten yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol, yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

    7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Kandungan vitamin C dalam talas dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melindungi tubuh dari zat asing yang berbahaya. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah perkembangan kondisi kesehatan yang serius.

    8. Berpotensi sebagai antikanker
    Talas mengandung senyawa nabati yang disebut dengan polifenol. Adapun polifenol utama yang ditemukan dalam talas adalah quercetin. Uji tabung dan penelitian pada hewan menemukan bahwa quercetin dapat mendorong kematian sel kanker, serta memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. 
    Quercetin juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, penelitian lebih lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan sifat antikanker pada talas.

    9. Menjaga tekanan darah tetap stabil
    Dalam 100 gram, talas mengandung sekitar 448 gram kalium yang berkhasiat untuk menjaga tekanan darah. Kalium termasuk elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk mengendalikan tekanan darah.Penelitian menunjukkan, asupan kalium yang rendah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan stroke. Makanan tinggi kalium juga bisa membantu pasien hipertensi untuk menurunkan tekanan darah sistolik. 

    10. Memenuhi kebutuhan seng
    Konsumsi talas dapat menurunkan risiko kekurangan seng, karena kandungan zinc (seng) di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan mineral harian.
    Kekurangan seng adalah kondisi cukup langka dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius, seperti rambut rontok, diare, impotensi, hipogonadisme, lesi pada mata dan kulit, penyembuhan luka terhambat, hingga berat badan turun.

    Kandungan talas yang penuh gizi
    Talas baik dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu karena dalam keadaan mentah umbi-umbian ini bisa beracun akibat kandungan oksalatnya yang tinggi. Zat berbahaya tersebut bisa hilang saat dimasak atau direndam terlebih dahulu semalaman.
    Dalam 1 cangkir atau sekitar 132 gram talas yang sudah dimasak, kandungan nutrisi talas adalah sebagai berikut:

    187 kalori
    Kurang dari 1 gram protein
    6,7 gram serat
    Kurang dari 1 gram lemak
    30 persen kebutuhan harian akan mangan
    18 persen kebutuhan harian akan kalium
    13 persen kebutuhan harian akan tembaga
    10 persen kebutuhan harian akan fosfor
    10 persen kebutuhan harian akan magnesium
    22 persen kebutuhan harian akan vitamin B6
    11 persen kebutuhan harian akan vitamin C
    19 persen kebutuhan harian akan vitamin E
    Selain itu, talas juga mengandung vitamin A, zat besi, dan seng. Banyaknya kandungan senyawa organik, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam talas, membuatnya bermanfaat bagi kesehatan.(red/potogooglesehaq.com)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728